December 02, 2010

CINTA SEGITIGA VAMPIRE, MANUSIA SERIGALA & MANUSIA


Telah banyak kisah vampir, drakula, dan manusia serigala yang diangkat ke layar lebar. Namun, barangkali tak ada yang sesukses The Twilight Saga: New Moon. Film yang dibintangi Robert Pattinson dan Kristen Stewart ini berhasil meraih pendapatan sebesar 141 juta dollar AS pada tiga hari pemutaran pekan pertamanya di seluruh dunia. Bahkan, film ini mengungguli "2012" (filem tentang kiamat ramalan indian) yang hingga pekan ini baru mampu meraup pendapatan sebesar 26,5 juta dollar AS.

Twilight yang diangkat dari novel karangan Stephenie Meyer ini menghebohkan perfilman dunia akhir tahun lalu. Dari sisi cerita, film ini sebetulnya biasa saja seperti kisah cinta lain pada umumnya, penuh romantisme dan intrik ala Hollywood. Cuma bedanya, jalinan asmara ini terjadi antara manusia dan vampir. Mengapa film ini mampu menyedot animo penonton, itu tak lain lantaran ketampanan dan kecantikan aktor-aktrisnya, terutama Robert Pattison yang memerankan tokoh utama bernama Edward Cullen itu.

Euphoria Twilight berlanjut hingga seri keduanya muncul,The Twilight Saga: New Moon. Film ini secara serentak diputar pada Jumat (2/11). Tak terkecuali di Indonesia, yang diputar secara ekslusif sejak Jumat (20/11) di dua bioskop premier dengan harga tiket yang sedikit lebih mahal, yakni 60 ribu rupiah. Toh itu tak menyurutkan mereka untuk rela antri berjam-jam di gedung bioskop. Hingga lima hari pemutaran di dua bioskop itu, semua pertunjukan selalu penuh, tak menyisakan satu kursi kosong pun. Bahkan, sekelompok penggemar fanatik film ini yang tergabung dalam mailing list twilightindo.ning.com, berencana nonton bareng di Plaza Senayan, hari ini.

Dibanding sekuel pertamanya Twilight, tak ada yang spesial dari New Moon. Biasa saja. Malah kalau boleh dibandingkan, Twilight cenderung lebih menarik. Emosi kita di film pertama itu benar-benar dipompa. Naik turun menyaksikan setiap adegannya. Terkadang dibuat gregetan dan adakalanya kita dibuat tersenyum iri. Terutama adegan romantis saat Edward menggendong Bella, lalu loncat dari satu pohon ke pohon lainnya.

Di sekuel kali ini, alur cerita mengalir lambat. Alhasil di tengah film, rasa bosan mulai menyergap. Tak ada kejutan yang cukup membuat jantung berdegup kencang. Datar-datar saja, bahkan tidak ada klimaks di film itu. Entah, mungkin lantaran sutradaranya berbeda antara sekuel pertama dan kedua.

Dalam cerita New Moon, sutradara Chris Weitz (American Wedding dan American pie 1 dan 2) mencoba menghadirkan kisah yang kian rumit. Hal itu terjadi karena ada alur cinta segitiga di antara Bella, Edward, dan Jacob. Tak itu saja, adegan pertempuran pun kian menggoda karena para werewolf kini terlibat pertempuran dengan para vampir.

Jauh sebelum film ini dirilis, kehebohannya memang telah terasa. Catherine Hardwicke, sutradara yang menggarap film Twilight, memilih mundur dari proyek ini lantaran tak sepakat dengan rencana jadwal penggarapan film tersebut. Alhasil, Chris lah yang dipilih. Selain itu, cinta lokasi antara dua pemerannya, Robert pattinson dan Kristin Stewart turut memberi warna-warni dalam mendongkrak popularitas film ini. Biasa, strategi pasar.

Tapi, apapun para penggemar fanatik film ini sepertinya kadung jatuh cinta dengan film ini. Apalagi bumbu percintaan kini ditambah dengan kehadiran Jacob Black yang di film ini hampir menjadi pacar baru Bella- setelah Bella putus dengan Edward Cullen.



Jacob yang diperankan oleh Taylor Lautner tidak lagi lugu seperti di sekuel sebelumnya. Jika sebelumnya tampil sebagai anak bawang dengan penampilan yang kurang fashionable. Masih berambut gondrong dan gemar berjaket bulu tebal yang membuatnya terlihat semakin besar (bahkan Bella memanggil Jacob dengan sebutan Bisep). Tapi saat dia memasuki masa transformasi dan berubah menjadi serigala, rambutnya dipotong pendek dan terlihat lebih sering bertelanjang dada. Di situ, tubuh kekar, perut sixpack-nya diobral di film.

Selain Pattinson dan Lautner yang menjadi “pelet” untuk film New Moon, si cantik Bella yang diperankan oleh Kristin Stewart juga jadi “susuk pemikat”. Perempuan berwajah sendu ini lagi-lagi berhasil menarik hati dengan aktingnya yang lumayan bagus dan menuai simpati penonton.

Kisah New Moon berawal pada pesta perayaan ulang tahun Bella di rumah keluarga Cullen. Secara tak sengaja, jari Bella berdarah dan menimbulkan hasrat Jasper-- saudara Edward, untuk mencicipi darah Bella. Edward menyadari, hubungannya dengan Bella bisa sangat berisiko. Membahayakan nyawa Bella.

Atas pertimbangan itu, Edward memutuskan untuk mengakhri hubungannya dengan Bella. Edward dan keluarga Cullen lalu pergi meninggalkan kota Forks menuju Italia. Di tinggal Edward, Bella seperti mayat hidup. Tidak lagi bersosialisasi dengan teman sekolahnya dan semakin terlihat sering murung.

Tapi kemudian Bella menemukan penawar rasa sakit hatinya. Jacob, anak kerabat ayahnya itu menjadi teman baik Bella, bahkan hampir menjadi pacar Bella. Namun di saat hubungan keduanya semakin dekat, Jacob yang manusia Serigala itu menghilang layaknya Edward. Ternyata Jacob mengalami masa dimana dia berubah menjadi serigala. Dan Jacob pun menjadi pelindung bagi Bella yang menjadi incaran para vampir.

Di lain pihak, Edward yang mendengar kabar jika Bella telah mati, mengambil keputusan bodoh untuk dicabut keabadiannya oleh klan volturi. Namun, sebelum Edward mengakhiri hidup abadinya, Bella berusaha menyelamatkan kekasihnya itu.
New Moon adalah dongeng cinta abad ini yang sebenarnya biasa saja namun lebih karena faktor pemainnya, tak lebih.

Rizky Amelia
The Twilight Saga: New Moon
Sutradara : Chris Weitz
Pemain : Kristen Stewart, Robert Pattinson, Taylor Lautner
Produksi : Summit Entertainment
Tahun : 2009

Sumber:www.koran-jakarta.com/berita-detail.php?id=38880


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...