May 07, 2011

Exocitism of THE GLAGAH LAGOON BEACH JOGJA

This beach offers a breathtaking natural beauty. Besides the natural scenery beach with great sea waves, the beach has a section that juts in which the land is restricted by such a kind of mountain of sand that is wide enough.


Wisata pantai di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyediakan banyak pilihan. Dan tak semua pilihan itu berupa pantai dengan ombak besar seperti Parangtritis. Pantai Glagah, umpamanya, menawarkan wisata pantai di air tenang, pas untuk berolahraga kano, atau sekadar menikmati angin pantai yang meniup daun-daun nyiur.

Terletak di Kecamatan Glagah Kabupaten Kulon Progo. Dari Kota Jogja, Pantai Glagah dapat ditempuh dengan kendaraan umum maupun pribadi ke arah pesisir selatan kira-kira 40 kilomter. Pantai Glagah juga dapat ditempuh 15 kilometer dari Kota Wates ke arah selatan.

Pantai ini menawarkan keindahan alam mempesona. Selain pemandangan alam pantai dengan gelombang laut yang besar, pantai memiliki bagian yang menjorok di mana bagian tersebut dibatasi oleh semacam daratan semacam gunung pasir yang cukup luas.

Bagian yang terpisah dari pantai utama Glagah Indah tersebut disebut Laguna. Laguna merupakan air laut yang terperangkap di daratan yang membentuk semacam danau.

Laguna Pantai Glagah memiliki gelombang yang sangat tenang. Ketenangan air tersebut banyak dimanfaatkan oleh pengunjung untuk bermain air. Selain bermain air, pengunjung di Laguna ini biasanya memuaskan diri untuk bermain perahu dayung atau kano.

Pengunjung memanfaatkan air yang berwarna biru kehijauan dengan ketenangan airnya tersebut untuk sekedar bermain-main kano maupun olah raga. Keindahan dan fasilitas yang ditawarkan di Laguna mampu membuat pengunjung betah untuk menikmati keindahan Laguna sambil bermain dan beradu balap kano.

Dengan menyewa kano seharga Rp 15 ribu per jam, pengunjung sudah dapat puas bermain kano. Pengunjung biasanya hanya sekedar main-main saja. Tetapi ada juga yang memanfaatkan kano untuk adu kecepatan kano.

Laguna secara alam terbentuk karena adanya angin yang datang tegak lurus garis pantai selatan dan membentur suatu barrier. Kemudian berubah menjadi sejajar garis pantai. Angin tersebut membawa material hingga ke muara sungai. Pada musim yang berbeda, angin berbalik arah sehingga sehingga material dari muara terbawa ke arah berlawanan dan membentuk jebakan air laut.

Laguna, dengan proses yang cukup panjang tersebut, Laguna mampu memberikan daya tarik dan keindahan tersendiri. Banyak hal yang dapat dilakukan pengunjung di kawasan Laguna Pantai Glagah Indah selain bermain kano. Seperti melewati Laguna menggunakan jembatan bambu hingga mengelilingi Laguna menggunakan kapal mesin. Dengan Rp 3 ribu setiap putaran pengunjung akan puas memutari dan mengelilingi Laguna Pantai Glagah Indah.


Sumber gambar:kulonprogokab.go.id

Sumber artikel:http://www.beritajogja.com/




No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...