July 01, 2012

MENUMBUHKAN KEGEMARAN MEMBACA PADA SI KECIL

Tentunya kita semua telah tahu bahwa proses pembelajaran paling banyak dilakukan dengan aktivitas membaca. Karena dengan membaca itulah orang bisa mendapatkan informasi, berita serta ilmu pengetahuan, yang tentunya akan menambah ilmu dan wawasan seseorang. 

Dan pepatah “Buku adalah jendela dunia”, rupanya benarlah adanya, karena hingga saat ini berbagai ilmu pengetahuan telah dicetak sebagai buku yang bisa dibaca oleh siapa saja dan dimana saja. Menumbuhkan kegemaran membaca pada anak-anak terkadang banyak menemui kendala karena derasnya arus hiburan serta permainan dari media elektronik dewasa ini. 

Media televisi yang menayangkan hiburan sepanjang hari, tentunya akan mempengaruhi perhatian anak sehingga mengalihkan dari kegiatan belajar yang seharusnya dilakukan. Begitu juga dengan permainan-permainan dari playstation, game online yang tersedia di internet, semuanya sangat menggoda sehingga bisa menjadikan kecanduan dan lupa waktu. 


Menyiasati hal tersebut, orang tua harus lebih memperhatikan kegiatan anak dan mengarahkan dengan bijaksana kepada pilihan yang lebih positif. Mengajak putra putri kita untuk gemar membaca adalah salah satunya, yang dapat mendorong anak untuk mempelajari buku-buku pelajaran serta catatan yang diajarkan di sekolah. 

Sebenarnya membangun kebiasaan gemar membaca dapat dilakukan sejak dini, bahkan ketika anak masih dalam kandungan, ibu yang ‘mengajak’ janinnya membaca dengan membacakan cerita. Kegiatan ini akan berpengaruh terhadap si anak sehingga nantinya akan mengikuti kebiasaan yang dilakukan ibunya. 

Mengajak anak ke perpustakaan juga merupakan pengenalan anak kepada kegemaran membaca. Jadualkan juga sebulan sekali ke toko buku, biarkan anak memilih buku yang disukainya. Tak harus membeli semua yang dipilih, belikan satu buku saja yang paling disuka, agar anak belajar mengendalikan diri. Belilah sebanyak mungkin buku-buku bergambar, tidak perlu yang mahal,yang murah saja, di tempat obral atau di toko buku bekas. 

Biarkanlah sesekali anak anda berkreasi dengan bukunya, menggunting atau membuat rumah-rumahan dari buku tersebut, namun yang terpenting adalah mengajarkan membacanya. Bacakanlah buku apapun yang diinginkan anak anda. 

Mungkin anda akan kehabisan suara karena harus membacakan cerita itu lagi berulang-ulang. Yang terpenting disini adalah mereka menyadari bahwa anda menghormati selera mereka dan mereka sendiri menikmati pembacaaan itu.

Prioritaskan lebih banyak uang untuk membeli buku daripada membeli Video kartun atau dvd games. Sementara yang tak kalah penting dalam menumbuhkan kegemaran membaca anak-anak adalah contoh dari orang tua yang juga gemar membaca.Kalau dari kecil mereka melihat orang tuanya lebih banyak membaca daripada melihat tayangan tv, tentunya anak akan terbawa dengan kebiasaan tersebut. 

Image source: koleksi pribadi

1 comment:

Yuni Sulistyaningrum said...

Emang melatih anak2 utk gemar membaca perlu kesabaran dan kita yang harus mensiasati agar anak2 tertarik utk membaca. Eh iya...tampilan blog nya baru...lebih nge-game skrg...salut!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...