July 09, 2011

Legenda SATE KARANG Kota Gede Yogyakarta

Sate spesial ini dijajakan di pinggiran Lapangan Karang, Kotagede Yogyakarta (Oleh karena itu kemudian dijuluki Sate Karang). Sate daging sapi ini sudah dijual di Kotagede sejak Indonesia belum merdeka. Waktu itu namanya bukan Sate Karang dan masih dijajakan keliling Kotagede dengan pikulan oleh Mbah Karyo, generasi pertama yang berdagang sate sapi ini. Pada tahun 1984, sate keliling ini mulai parkir di pinggir Lapangan Karang sehingga mendapatkan 'Brand-nya yang sekarang ini.



Hebatnya, hingga generasi ketiganya saat ini, cita rasa sate legendaris ini tetap terjaga sesuai dengan resep paten Mbah Karyo berpuluh tahun yang lalu. Rasa asli sate ala Mbah Karyo yang empuk dan gurih ini dijamin akan menorehkan kenangan kelezatan yang mendalam di dalam hati anda. Tidak cukup sampai di situ, untuk melengkapi gempuran kenikmatan dari pinggir Lapangan Karang ini, lontong berkuah opor tempe (yang lagi-lagi kreasi Mbah Karyo) akan menjadi teman makan yang tiada duanya. Bumbu kacang sate yang pekat bereaksi dengan kuah opor yang encer menghasilkan perpaduan nuansa rasa manis-gurih dengan keharuman rempah yang khas.

Harganya cukup terjangkau untuk sebuah ketenaran dan popularitas. Satu porsi sate sapi sepuluh tusuk ditambah lontong kuah harganya sekitar Rp 14.000. Warung sate karang ini buka dari pukul 17.00 hingga 22.30. Selamat Mencoba!!!


(Berbagai sumber)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...