November 21, 2012

KEDAULATAN RAKYAT (Legenda Koran Jogja)

Kedaulatan Rakyat adalah koran lokal yang terbit di Yogyakarta, yang juga merupakan koran tertua (terbit sejak 1945), yang tumbuh dan berkembang bersama , serta telah menjadi bagian tak terpisahkan dengan masyarakat Yogya. Seiring dengan berkembangnya waktu, masyarakat Yogya yang heterogen, serta persaingan yang mulai ketat, membutuhkan positioning yang tepat. Kedaulatan Rakyat harus bisa menjadi “Korannya Rakyat”, dalam hal ini semua kalangan, bukan hanya menjadi korannya orang tua, seperti kecenderungan yang terjadi.
 

Kedaulatan Rakyat (KR), didirikan H. Samawi dan H Soemadi Martono Wonohito, adalah surat kabar harian yang terbit di Yogyakarta. KR terbit sejak 27 September 1945. Perusahaan surat kabar KR dipimpin oleh H. Soemadi M. Wonohito. Surat kabar KR terbit tiap harinya dengan jumlah halaman yang awalnya hanya 16 halaman, namun ditambah menjadi 24 halaman, dan oplah lebih dari 125.000 kopi. 


Semboyan KR adalah Suara Hati Nurani Rakyat. Terbit pertamakali pada tanggal 27 september 1945 , merupakan Koran ke 2 setelah Koran dengan bahasa jawa yang bernama “Sedya Tama” yang terbit 2 minggu sekali. Saat koran Sedya tama dibredel oleh tentara pendudukan jepang, kemudian tentara Jepang mendirikan percetakan dan menerbitkan Koran Sinar Matahari. Didorong keinginan menerbitkan Koran sendiri oleh Pemerintah Indonesia maka koran sinar matahari yang berkaryawan orang Indonesia, atas gagasan H. Samawi dan H Madikin Wonohito maka berdirilah percetakan dan harian Kedaulatan Rakyat ini. Nama harian “Kedaulatan Rakyat” diambil dari UUD 1945 alinea 4. 

Berbagai sumber di Google

 
Support by THE BEST INDONESIAN SOCIAL TRAFFIC EXCHANGE PROGRAM Social Traffic Exchange Indonesia
Suka Postingan ini? Klik Sponsor dibawah untuk mendukung eksistensi Blog
Raise up Audience from U’re FACEBOOK to Support U’re Online Businnes Killer Viral FanPage Indonesia

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...