August 12, 2010

SUNGAI GANGGA (Sungai Suci Hindu di India)


Gangga adalah sebuah sungai di India bagian Utara yang oleh pemerintah India dinyatakan sebagai sungai nasional Bharat. Sungai Gangga merupakan sungai suci bagi penganut agama hindu maka dalam ajaran Hinduisme, sungai Gangga disembah atau dipuja sebagaimana layaknya seorang Dewi.



Sejak jaman dahulu air sungai Gangga diyakini memiliki kekuatan untuk melebur dosa dan mengilangkan noda rohani serta jasmani. Kesucian dan sifat melebur dosa dari air sungai Gangga disebutkan di dalam Veda-Veda (Kitab Wedha, Kitab Suci agama Hindu) termasuk didalam kitab kisah Mahabharata, mulai dan ceritera pertama sampai terakhir, “kekuatan” air sungai Gangga selalu disebut-sebut.





Bagi para penganut Hindu, air sungai Gangga baik untuk menyucikan diri sendiri, maupun menyucikan roh orang yang sudah meninggal. Di dalam setiap upacara penyucian, nama Gangga, baik sebagai Dewi maupun sebagai sungai, tidak pernah absen untuk dipuja. Di Alam Dewa sungai keramat itu disebut Alakananda, di alam Pitri disebut Vaitarani. Sedangkan nama lain untuk Gangga pada umumnya adalah Bhagirathi.




Sungai besar dan suci itu mempunyai tujuh aliran anak sungai, dan masing-masing juga diyakini memiliki kekuatan untuk melebur dosa. Nama-nama dan ketujuh cabangnya itu, yaitu: Gangga, Yamuna, Saraswati, Vitastha, Sarayu, Gomati, dan Gandaki. Masyarakat Hindu juga meyakini apabila terkena percikan air dari sungai-sungai tersebut yang sudah diberkati dalam suatu upacara maka dapat menjauhkan diri kita dari bencana serta apabila meminum airnya, akan terbebaslah kita dari pengaruh penbuatan dosa







sumber:http://eksplorasi-dunia.blogspot.com/2010/08/






No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...