February 23, 2011

Mitos yang salah tentang VIKING

Saking legendarisnya sebagai kelompok penjarah dan perompak, para Viking sering digambarkan terlalu berlebihan. Mungkin karena rasa ketakutan dan traumatik kebanyakan masyarakat yang pernah menjadi korban penjarahan Viking waktu itu, sehingga terciptalah mitos-mitos keliru tentang viking. Berikut beberapa mitos yang tidak bisa dibenarkan tentang Viking:



1. Viking Itu Suatu Bangsa.

Viking bukanlah sebuah bangsa, tapi kelompok prajurit, penjelajah dan pedagang yang dipimpin oleh seorang kepala suku. Sering kali, dalam ekspedisi ke barat Viking adalah Norwegia, Denmark dan Swedia, tetapi juga siapa pun yang bergabung dengan mereka. Intinya adalah bahwa kata Norse dinotasikan vĂ­kingr bukan kebangsaan, tetapi pekerjaan: Viking adalah siapa pun yang mengambil bagian dalam ekspedisi luar negeri.

2. Viking Memakai Helm Bertanduk.

Helm Gjermundbu, satu-satunya helm Viking otentik yang masih ada, tidak memiliki tanduk. Tidak ada penggambaran helm Viking memiliki pola bertanduk. Ada dua atau tiga representasi dari prosesi ritual di mana prajurit mengenakan helm dengan tonjolan diakhiri dengan kepala burung bergaya atau mirip dengan ular, tetapi ritual menggunakan helm bertanduk oleh Viking tetap tidak terbukti.


3. Senjata Pilihan Viking Adalah Kapak Ganda Besar (Double Axe).

Viking memang menggunakan kapak dalam pertempuran, sebagaimana di ilustrasikan batu nisan Lindisfarne. Namun, mereka dari jenis yang sangat berbeda dari yang digambarkan dalam budaya populer modern. Harus diingat bahwa tidak ada kapak berkepala ganda yang pernah ditemukan dari awal abad pertengahan Eropa. Kapak Viking ringan dan digunakan satu tangan. Senjata yang paling umum ditemukan di situs arkeologi Viking adalah tombak.


4. Pasukan Viking Berjumlah Besar.

Pasukan Viking terdiri dari regu-regu penjarah kecil. sebagai mana daya tampung satu kapal sekoci.


5. Viking Itu Jorok.

Di Inggris, karena kebiasaan mereka mandi setiap hari Sabtu, Viking memiliki reputasi yang lebih bersih. Ibnu Rustah, seorang penjelajah Persia abad ke-10, secara eksplisit mencatat Viking timur bersih. Selama penggalian situs bangsa Viking, sisir antara benda-benda yang paling sering ditemukan. Viking menggunakan pinset, pisau cukur dan Pembersih telinga untuk menjaga telinga mereka bersih. Mereka juga memproduksi sabun.

6.Kapal Viking Dari Oseberg Adalah Kapal Perang.

Kapal Oseberg adalah kapal Viking yang sangat terawat ditemukan di sebuah kuburan di Norwegia. Dalam budaya populer modern Viking sering digambarkan menyeberangi lautan dan terlibat dalam pertempuran di kapal-kapal yang digambarkan seperti Kapal Oseberg. Namun, ia bisa tak lebih dari sebuah kapal seremonial yang tak pernah meninggalkan perairan pantai.


Sumber:www.kaskus.us/showthread.php?p=230017485

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...