March 03, 2011

BATMAN (Sejarah Kostum 'The Dark Knight')

Pada awalnya kostum batman diciptakan oleh BRUCE WANYE untuk menimbulkan perasaan mistis dan teror kepada para bandit. It represented the symbol of night creature yang memberikan identitas anynomous dan mensugesti Bruce Wayne untuk merasa lebih dari manusia umumnya.Tidak ada bahan atau teknologi khusus, dan tidak dibuat untuk tujuan melindungi tubuh pemakainya.


Bill Finger kolaborator pencipta Batman berkomentar:

Saya mendatangi Kane dan dia telah menggambar seorang tokoh yang penampilannya mirip sekali dengan Superman dengan celana ketat kemerah-merahan, saya percaya, memakai boot…tidak memakai sarung tangan…dengan topeng domino, berayun pada seutas tali. Batman memiliki sayap yang kokoh sedang mengembang, seperti sayap kelelawar. Dan di bawahnya ada tanda besar, BATMAN....

Baju Batman awalnya dipercaya dibuat dari bahan spandex biasa yang kelihatan sedikit mengkilat dan mudah tercabik cabik.

Evolusi awal dari seragam Batman di mulai pada tahun 50-an. Editor komik Batman merasa perlu untuk memberikan kesegaran cerita dengan memunculkan set kostum batman yang aneh aneh. Salah satunya adalah untuk menyelam-underwater bat suit. Batman membutuhkan special purpose costum khusus untuk keperluan ini. Di sini mulai disadari bahwa kostum Batman harus dibuat dengan teknologi, dan terlebih lagi dipandang sebagai bagian dari perangkat gadget persenjataan Batman.


THE BATMAN NEW LOOK

Inspirasi untuk lebih memperkuat pakaian Batman sebagai Armor muncul secara tidak sengaja. Komikus DC memberikan aksen warna kuning sebagai background logo Batman, yang jadinya mirip seperti target sasaran tembak di kostum tersebut. Timbul pertanyaan apakah logo tersebut memang dibuat eye cachting dengan harapan para penjahat menembak Batman pada bagian itu. Dalam sebuah diskusi, para artis akhirnya menyatakan bahwa pada bagian itu kostum akan diperkuat dengan bahan Kevlar.. Kemudian timbul pertanyaan lagi, kenapa tidak semua saja dilapisi kevlar?

Kevlar lima kali lebih kuat dari baja. jadi tidak heran Batman sangat percaya diri menghambur ke arah penjahat bersenjata berat dengan tangan kosong. Pada film BATMAN DARK KNIGHT, kostum batman selangkah lebih maju. Kevlar yang berlapis-lapis ditambah lagi dengan susunan 110 lempengan ceramic armor, dengan struktur sekuat baju zirah dengan desain yang memungkinkan untuk bergerak lincah.

Sumber artikel:http://stepia.wordpress.com/2009/07/28

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...