February 11, 2013

Keindahan Senja di PANTAI SYIAH KUALA Banda Aceh



Pantai Syiah Kuala Banda Aceh (ada orang menyebutnya Pantai Lamdingin, padahal secara administratif wilayah berada di wilkayah Gampong/Desa Gano bukan Gampong/Desa Lamdingin) merupakan tempat yang cukup dikenal di Banda Aceh dan sekitarnya, karena di tempat tersebut terdapat sebuah situs sejarah Makam Syiah Kuala. Syiah Kuala sendiri adalah seorang Mubaligh besar agama Islam dalam sejarah Aceh masa lampau. Nama Syiah Kuala di abadikan sebagai Nama Universitas Negeri ternama di Provinsi Aceh (Universitas Syiah Kuala/Unsyiah).


Selain dikenal karena situs sejarah tersebut, Pantai Syiah Kuala juga memiliki panorama yang indah. Apalagi jika kita kunjungi di saat matahari terbenam (Sunset). Pemandangan Paya/Rawa yang luas dengan pohon bakau (mangrove) menjadi pelengkap keindahan pantai tersebut. Rombongan burung bangau masih sering terlihat terbang beriringan saat senja. Sungguh sangat memikat rasa.

Tidak jauh dari Pantai, tepatnya dekat jembatan sebelum sampai kompleks makam, juga ada Tempat Pelelangan Ikan (TPI) "dadakan", yang biasanya menjual ikan-ikan segar hasil pancingan dengan harga yang bisa di nego.


Pantai Syiah Kuala berada tidak jauh dari Pusat Kota (Downtown) Banda Aceh. Dari Simpang Empat Jambo Tape (Markas Brimob), kita tinggal ambil jalan lurus (Jln. Syiah Kuala) menuju ke utara, melewati Lampriet, Lamdingin, Gano dan sampai di Pantai tersebut. Jarak dari Simpang Jambo Tape ke Pantai syiah Kuala kira-kira 4 Km.

Di Banda Aceh?? Rugi dan mubazir waktu kalau belum pernah ke Pantai Syiah Kuala.

Catatan pribadi Jogjaicon 2012 - Aceh Loen Sayang
Sumber Foto: nelva amelia
.
Suka Artikel/Postingan ini? Klik Sponsor dibawah untuk mendukung eksistensi Blog

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...