November 02, 2012

GUNUNG BATOK JAPAKEH (Fenomena Keunikan Alam)

Landmark ID: GUNUNG BATOK 

Location: Japakeh, Desa Lheue, Kec. Darul Imarah, Kab. Aceh Besar 
Estimated Distance: 7 Km dari pusat kota Banda Aceh 

General Caption: 
Tekstur gundukan tanah alam yang sebetulnya sebuah bukit ini berbentuk unik, seperti sebuah batok (tempurung kelapa) yang ditelungkupkan. Dan yang membuat berbagai mitos berkembang pada masyarakat sekitarnya adalah bahwa di sebelah kiri (utara) dan kanan (selatan) Gunung Batok ada dua buah bukit berbentuk batok dengan besar yang sama tetapi lebih kecil dari Gunung Batok Utama. Orang jaman (tetua masyarakat) sering menyebut dua gunung batok kembar kecil ini dengan sebutan Gunung batok Agam dan Putroe (putri). 

Apabila berkesempatan naik ke puncak Gunung Batok, maka kita berkesempatan melihat pemandangan sekitar kota Banda Aceh. Dari mulai pelabuhan Ulee Lhue, Masjid Raya Baiturrahman, Stadion harapan Bangsa, Kampus Unsyiah terlihat dari puncak Gunung Batok. Areal sekitar gunung batok kerap dijadikan sebagai tempat latihan militer oleh TNI, Perkemahan oleh Pramuka dan arena bermain perang-perangan para penggemar Airsoft Gun di Banda Aceh. 

 Fenomena unik dan misteri adalah gunung Batok dengan ketinggian hampir 30 meter ini tidak terekam sebagai relief ketinggian di peta geografi, topografi atau peta hybrid seperti Google Earth. Kenapa??? Walahualam... 

Gunung Batok di Japakeh Lheue Darul Imarah Aceh Besar

Lokasi Gunung Batok tidak jauh dari lokasi wisata Kolam Alam Mata ie dan Hill Side Water Boom. 

Sumber foto : Pribadi 2012


Support by THE BEST INDONESIAN SOCIAL TRAFFIC EXCHANGE PROGRAM Social Traffic Exchange Indonesia
Suka Postingan ini? Klik Sponsor dibawah untuk mendukung eksistensi Blog

1 comment:

Anonymous said...

asik tuh, bisa buat main airsoft gun ama temen2 :-D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...