July 07, 2013

GUA PINDUL GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA ( Wisata Jelajah Susur Gua )

Lokasi wisata ini terletak di dusun Gelaran, desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, tepatnya sebelah utara kota Wonosari, Akses jalan sudah bagus cuma dari Jalan utama ke lokasi jalan sudah banyak yang rusak. Tempat ini baru diresmikan sebagai tempat wisata pada tanggal 10 Oktober 2010, oleh Bp. Almarhum Sumpeno Putra yang waktu itu menjabat sebagai Bupati Gunung Kidul.


Untuk menyusuri Gua Pindul ini harus dengan pemandu, makanya terlebih dahulu harus mendaftar untuk menentukan akan mengikuti paket wisata jelajah Goa Pindul. Setelah itu bersiap dimulut goa sambil membawa ban karet berfungsi untuk pelampung dikedalaman sungai di Goa dan juga jaket pelampung, sepatu, dan lampu dikepala. Ini merupakan syarat wajib juga untuk menjaga kesselamatan pengunjung apalagi bagi yang tidak bisa berenang. Mulai masuk keadaan gua makin gelap, fungsi lampu tadi tuk penerangan selama menelusuri Goa. Pemandu akan menjelaskan mengenai beberapa keberadaan tempat ini sambil terus menyusuri goa. 


Didalam akan ditemui bermacam-macam bentuk stalaktit yang sangat indah dan menakjubkan, bahkan ada satu stalaktit yang masuk peringkat 4 dunia, ujungnya masuk hingga ke sungai hingga menutup sebgaian rongga goa. Ada juga Stalaktit Hiasan batu tirai karena memang indah dan membentuk seperti tirai. 

Sumber artikel dan gambar: http://yogyakarta.panduanwisata.com

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...