January 06, 2014

"KAPAL PERANG INDONESIA" --- Mainan Kenangan Legendaris Sepanjang Masa

"KAPAL PERANG INDONESIA" --- Mainan Kenangan Legendaris Sepanjang Masa

Mainan Kenangan Legendaris Sepanjang Masa

Mainan aseli Indonesia ini tidak jelas kapan hadir pertama kali, yang jelas menurut cerita-cerita orang-orang tua di tahun 50-an mainan ini sudah eksis di berbagai tempat, terutama di tempat hiburan, rekreasi, pasar malam atau pusat-pusat perbelanjaan jaman dulu. Sampai sekarang pun masih bisa ditemui, dengan bentuk dan kualitas serta spesifikasi yang tidak berubah,. walaupun tidak lagi semudah dulu untuk menemukannya.


Dari bentuk dan tampilannya sangat jelas bahwa ini merupakan produk ketekunan dan kreatifitas kegiatan tangan manusia (Handmade), hal yang tentunya dijaman sekarang ini sudah layak disebut sebagai karya seni langka bukan hanya sekedar bentuk mainan. Walaupun sederhana, beberapa aspek realitas dari sebuah unit kendaraan air bisa tergambar disini. Kapal ini bisa bermanuver di air, dan mengeluarkan suara mesin serta suara tembakan senjata api sekaligus. Tok..otok otok otok... begitu bunyinya. Bahan bakarnya pun ramah lingkungan dan hemat energi, karena hanya membutuhkan tidak lebih dari satu sendok teh minyak klenthik (Minyak Kelapa/Goreng yang belum dipake memasak).

Mainan yang hebat untuk menggugah semangat perjuangan, kemandirian dan kreatifitas bagi anak-anak kita, ditengah derasnya gaya permainan modern sperti Mesin Game basis Komputer, yang cenderung membentuk sikap individualis, primordialis, asosial, konsumtif bahkan... (maaf),, Autis!

Bisa bermanuver dan berlayar di air

Sumber tenaga penggeraknya murah, alamiah dan hemat energi

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...