Follow us on:

INTERNAL AFFAIRS

Filem buatan amrik ini beredar sudah cukup lawas, namun tema cerita tetap relevan dengan berbagai kondisi yang terjadi saat ini. Jadi ga ada salahnya kalo filem ini saya resensikan lagi (mengingat filem ini termasuk salah satu filem favorit saya, 'johann' says)

Terkadang ada berbagai kasus tindak kejahatan sering kali kejahatan tersebut dilakukan oleh oknum kepolisian. Namun sayangnya aneka kejahatan ini tidak pernah disentuh oleh hukum yang nota bene dilakukan oleh segelintir aparat penegak hukum. Untuk itu pihak kepolisian membentuk suatu badan internal yang disebut Internal Affairs Department. Tugasnya yakni membongkar kasus kejahatan yang dilakukan oleh aparat kepolisian itu sendiri.

Seorang polisi muda bernama Raymond Avila (Andy Garcia) bergabung dengan departemen urusan internal polisi, Los Angeles. Raymond menikah dengan seorang artis terkenal di Los Angeles. Sosok Ramon dikenal sebagai polisi loyal, cakap dalam bertugas juga pandai menganalisa setiap persoalan yang ada dikepolisian, termasuk polisi yang bermasalah.

Raymond tidak sendirian, ia temani oleh mitranya seorang polwan yang bernama Amy Wallace (Laurie Metcalf). Namun sayangnya, Amy sangat dekat oleh polisi tampan yang selalu menebar pesona, Dennis Peck (Richard Gere). Dennis ini sendiri ditengarai terlibat berbagai kasus kejahatan. Dennis tinggal bersama kedua mantan istrinya dan 6 orang anaknya.

Dengan kelihaian Dennis, ia menjadi sosok pria yang sering berselingkuh dengan berbagai wanita, termasuk wanita polisi dicorpsnya. Begitu juga kasus keuangan yang melibatkan dirinya, lagi-lagi Dennis lolos dari berbagai tuduhan tersebut.

Bukan hanya itu, Dennis juga pandai memutar perhatian kasus yang sedang ditangani Raymond. Maka tak heran, Dennis dianggap polisi jujur dan bersih walaupun sebagian rekan-rekannya tahu bahwa Dennis adalah sosok polisi tak bermoral dan etika.

Selanjutnya (bisa ditebak) alur filem ini berisi pertentangan moral dan fisik antara Dennis dengan Raymond. Sebagai anggota Polisi dengan integritas tugas yang tinggi Raymond harus berjuang untuk membongkar kelakuan bobrok Dennis. Hal tersebut bukanlah mudah mengingat Dennis juga seorang polisi senior yang piawai dalam hal memutar balik fakta.

Filem yang cocok buat ditonton orang-orang yang menyukai bidang analisa dan telaahan serta memiliki dedikasi tinggi serta prinsip kuat terhadap tugas dan amanat yang diemban

(Sebagian sinopsis dicuplik dari Gelar Film Indosiar)