December 06, 2010

RAISAN MACAN SERPONG (Kenangan lembaran komik legendaris JAMPANG by Ganes TH)


Selain menciptakan karakter komik fenomenal Si Buta dari Gua Hantu, Maestro komik Indonesia Ganes TH juga menciptakan karakter lain yang menjadi legenda, bahkan untuk orang Betawi sendiri yaitu Si Jampang atau Bang Jampang (Yang tenar karena kumis melintangnya). Tokoh Jampang yang semula hanya fiksi terlahir menjadi legenda yang seolah-olah pernah hidup di Betawi (Batavia) jaman dulu. Sepak terjang keberanian dan kegagahan Jampang melawan tuan tanah antek-antek Belanda menjadi cerita yang terus hidup sampai sekarang.

Gw ngebaca Jampang karya Ganes TH ini sekira tahun 1983 an waktu kelas 3 esde di kebayoran lama. Ada kesan yang dalem waktu ngebacanya, apalagi kalo inget sepotong epic tentang tokoh Raisan, seorang jawara misterius dari Serpong yang nongol dalam komik si Jampang. Kebetulan buka-buka blog site punya bang Erwin Prima(http://erwinprima.multiply.com/photos/album/265/DJAMPANG_JAGO_BETAWI_available_PLUZ#photo=1), yang khusus ngaplot lembaran2 keren tentang Raisan. Buat ngobatin kangen gw aplot lagi dah di blog ini. Semoga Bang Erwin kaga keberatan.







Catetan unik:
Raisan yang gagah perkasa, kebal peluru dan kelewang cuma punya kelemahan satu, yaitu Impotensi... Kasian ye?.. Konon penyakitnya ini karena obat yang salah (ato sengaja diracunin) sama seorang tuan tanah di rawa buaya yang bernama Ki Sima. Nah Dendam ntu ngebawa Raisan ngamuk ngelabrak Ki Sima yang di bekingi ratusan centeng termasuk pemerintah kolonial Belanda. Gampangnye dari Impotensi jadi Revolusi kali yak??...


(Sekaligus nulis kangen gw buat temen2 masa bocah di Jalan Baru III Kebayoran Lama: Mumuh Haji Indhun, Arif Pak Edi, Budi Jaimin, Andriyanti, Lia Lala, Lia Arif, Oman, Pak Kuda n Bu Kuda... Kwangeeeen aseli gw.. ^_^)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...