May 05, 2011

GEMBIRA LOKA JOGJA (Zoo and Botanical Garden)

Gembira Loka establishment process takes a long time, up to 20 years. From 1933 on acceptable lane VIII planned the entertainment areas, hereinafter called the Garden Rojo forwarded by Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Kebon Rojo implementation plan that, by Sri Sultan requested the help of a Dutch expert named Ir. Karsten. In his opinion the best place is next to the West times Winongo, and therefore held land acquisition.



Tempat rekreasi favorit bagi saya (Admin Jogjaicon) semasa kecil adalah Kebun Raya dan Kebun Binatang (KRKB) Gembira Loka. Hampir tiada hari minggu di era tahun 1980 s.d 1983 tanpa mengunjungi tempat (yang menurut saya sekeluarga) sangat mengasyikan ini. Bahkan sampai sekarang jika berkunjung ke Yogyakarta, saya selalu menyempatkan diri untuk pergi ke Kebun Binatangnya Orang Jogja ini.

Kebun Binatang Gembira Loka adalah kebun binatang yang berada di sisi timur Kota Yogyakarta. Loka artinya tempat, gembira ya gembira. Syahdan, hampir setengah abad yang lalu Sri Sultan Hamengku Buwono IX mewujudkan keinginan pendahulunya untuk mengembangkan ‘Bonraja’ tempat memelihara satwa kelangenan (kesayangan) raja menjadi suatu kebon binatang publik. Maka didirikanlah Gembira Loka diatas lahan seluas 20 ha yang separonya berupa hutan lindung. Disitu terdapat lebih dari 100 spesies satwa diantaranya 61 spesies flora.

Letaknya di daerah aliran sungai Gajah Wong. Akses menuju Gembira Loka sangat mudah dengan angkutan kota dan kendaraan. Pada awalnya dimulai dari beberapa hewan macan tutul yang berhasil ditangkap penduduk setempat karena mengganggu desa dan sebagian berasal dari lereng merapi yang hutannya terbakar akibat awan panas.


Kebun binatang Gembira loka kini memiliki koleksi binatang yang cukup lengkap. Setiap tahunnya ada tambahan penghuni. Sudah beberapa kali binatang gajah melahirkan anaknya, juga binatang langka Komodo telah menetaskan telurnya. Di Gembira Loka orang dapat bersuka ria dengan santai menggunakan perahu boad yang disediakan di telaga tersebut. Disamping dapat menikmati bermacam-macam jenis pohon yang tumbuh melengkapi keberadaan kebun raya. Kebun Raya ini yang berperan aktif sebagai hutan kota mereduksi polusi udara dan juga panas akibat global warming

Sebagian sumber dari:http://id.wikipedia.org/wiki/Kebun_binatang_Gembira_Loka

1 comment:

rumput dan ilalang said...

jadi terkenang jaman kecil dulu

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...