March 29, 2011

EWONG YUNG (Artis sensual Hongkong mantan Miss Pageant)

Jaman Kuliah di jogja dulu, saya (Jogjaicon) juga menggemari beberapa film Hong Kong (Mandarin). Terutama yang diperani Andi Lau (Liu te Hua), Simon Yam (Jen ta hua) atau Jet Lee. Pada suatu kesempatan, disekitar tahun 1993-nan, saya menyempatkan diri menonton sebuah film yang diperani Simon Yam, berjudul ”Don’t Stop My Crazy Love For You”. Film dengan poster cukup ”menggoda” itu diputar di salah satu Cineplex-21 di jalan Solo Yogyakarta.

Dalam film, Simon Yam berperan sebagai Fan-Maniak dari seorang reporter TV wanita bernama Kitty. Nah disini saya bukan mau cerita tentang kisah film itu, tapi lebih banyak karena sosok ”Kitty” itu yang memang begitu menarik. Seorang wanita karir muda yang energik plus cantik. Figur Kitty diperankan oleh bintang muda (waktu itu lho.. hehehe) bernama Ewong Yung. Ewong yung inilah yang akan saya ceritakan, yah itung-itung mengenang artis Hong Kong favorit semasa kuliah dulu lah.


Ewong Yung alias Ewong Yung Hung atau Ying Hong (Mandarin) adalah seorang aktris Cina yang lahir pada tanggal 17 September 1968 di Beijing, Cina, dengan akar keluarga di Hubei, Cina.

Ewong yung beremigrasi ke Hong Kong ketika ia berumur 12 tahun. Dia memulai karirnya sebagai model dan penari, dan pernah dinobatkan sebagai Miss Asia Pageant (Hong Kong) pada tahun 1989. Dia juga merupakan runner up Miss Asia Pasifik pada tahun 1989 serta Delegasi Hong Kong Miss World 1989.


Pada suatu ketika, ewong yung kemudian terkenal karena membintangi film kategori III. Perannya yang ”berani” dalam dalam film Don't Stop My Crazy Love For You (1993) bersama Simon Yam membuat dia dijuluki sebagai Ratu film Kategori III.

Penampilan sensualnya dalam film membantu mendorong penjualan terbaik film Kategori III di VCD dan DVD. Dia juga berperan di film lain seperti A Chinese Torture Chamber Story, Ancient Chinese Whorehouse, Romance of the Vampires, Fake Pretty Woman dan masih banyak lagi.


Namun, seperti kebanyakan artis yang kariernya murni pada daya tarik seks mereka, popularitasnya mulai memudar. Akhirnya, pada tahun 2001, dia dipaksa untuk pensiun dari pembuatan film, karena cedera yang sangat berat di punggungnya (akibat pelatihan menari saat ia masih muda). Sekarang ini Ewong banyak terlibat dalam produksi drama TV.


Sumber postingan (translate): Chinese girls profile & wallpapers & gossip

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...