March 16, 2011

MANFAAT KEGIATAN MEWARNAI BAGI ANAK

Aktivitas mewarnai lazimnya sudah menjadi bagian dari kehidupan anak-anak, bukan hanya sebagai kegiatan untuk mengisi waktu kosong anak, tapi juga sebagai aktualisasi diri anak dalam bidang seni. Apas saja manfaat kegiatan mewarnai bagi si kecil? Mari kita kenal lebih jauh manfaat dan kegunaannya



Mewarnai adalah Media Berekspresi Anak

Seperti halnya orang dewasa, aktifitas mewarnai terutama mewarnai bidang kosong merupakan cara bagi si kecil untuk mengungkapkan perasaaan dan aktualisasi diri. Melalui gambar yang dibuatnya dapat terlihat apa yang sedang dirasakannya apakah itu perasaan gembira atau malah perasaan sedih. Sebagai contoh, bila si kecil menggambar bentuk-bentuk suram seperti tengkorak dan sebagainya, hal tersebut dapat dijadikan pertanda bahwa sikecil sedang ada masalah dan butuh bantuan anda.

Mewarnai Membuat belajar keserasian dan keseimbangan

Membiasakan si kecil untuk melakukan aktifitas mewarnai baik dengan krayon, pensil warna spidol warna sejak dini dapat membantu mereka mengenal warna, sehingga mereka dapat membedakan antara warna yang satu dengan warna lainnya. Membantu anak untuk belajar keserasian dan keseimbangan warna

Mewarnai Merupakan Media Terapi

Warna merupakan sebuah media terapi bagi banyak orang, bahkan warna kerapkali digunakan sebagai bahasa global untuk membaca emosi seseorang. Seorang anak yang mewarnai matahari dengan warna-warna gelap seperti hitam atau abu-abu bisa jadi menandakan kemarahan mereka saat itu.

Mewarnai Dapat Melatih si kecil Menggenggam pensil

Bagi sebagaian anak, krayon adalah benda pertama yang digenggamnya sebelum mereka menggenggam pensil. Saat mewarnai dengan krayon itulah pertama kali sikecil belajar menggengam dan mengontrol pensil ditangannya. Kemampuan tersebut yang nantinya akan membantunya dalam menulis saat si kecil menempuh pendidikan disekolah. Kemampuan menggenggam dan mewarnai merupakan salah satu melatih motorik halus anak yang efektif



Dengan Mewarnai Melatih Kemampuan Koordinasi

Kemampuan berkoordinasi merupakan manfaat lain yang bisa diperoleh dari aktifitas mewarnai. Dalam mewarnai diperlukan koordinasi yang bagus antara mata dan tangan, mulai dari bagaimana cara yang tepat menggenggam krayon, hingga memilih warna dan menajamkan krayon.

Mewarnai Mengembangkan Kemampuan Motorik

Aktifitas mewarnai merupakan aktifitas yang dapat membantu meningkatkan kinerja otot tangan sekaligus mengembangkan kemampuan motorik anak. Kemampuan tersebut sangat penting dalam perkembangan aktifitasnya kelak, seperti dalam mengetik, mengangkat benda dan aktifitas lainnya dimana dibutuhkan kinerja otot lengan dan tangan dalam prosesnya.


Mewarnai Meningkatkan Konsentrasi dan ketahanan mental terhadap lingkungan

Aktifitas mewarnai dapat melatih konsentrasi si kecil untuk tetap fokus pada pekerjaan yang dilakukannya meskipun banyak aktifitas lain yang terjadi disekelilingnya. Seorang anak yang sedang meyelesaikan tugas mewarnai akan fokus pada lembar gambar yang sedang diwarnainya, sehingga sekalipun pun disekelilingnya ribut dengan aktifitas anak-anak lain, ia akan tetap fokus menyelesaikan tugas mewarnainya.

Mewarnai Melatih sikecil Mengenal Garis batas Bidang

Mengenal batas bidang gambar merupakan manfaat lain dari aktifitas mewarnai. Dimasa awal si kecil memulai aktifitas mewarnai, mereka tidak akan peduli dengan garis batas gambar dihadapannya, hal tersebut wajar-wajar saja, biarkan si kecil merasa nyaman dan exited terlebih dahulu dengan aktifitas mewarnainya.



Mewarnai Melatih sikecil Membuat Target

Proses mewarnai membutuhkan satu target yaitu berhasil mewarnai seluruh bidang gambar yang tersedia. Dengan melakukan aktifitas mewarnai sejak dini si kecil akan belajar untuk meyelesaikan tugas yang dihadapinya.



Sumber artikel:http://warnaku.com/2011/02/117/


Postingan lain yang sejenis:

AJARI ANAK MENULIS TANGAN

MANFAAT PERATURAN BAGI SI KECIL

2 comments:

alamendah said...

(Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
Waktu saya kecil gak ada kek gitu. Adanya main lempung sama main air. kalau keduanya dicampur, asyiknya bukan main.

Admin said...

@Alamendah;
hahaha.... seiring dgn berubahnya sgl sesuatu maka makin sulit juga menemukan yg spt itu... (jd inget dulu ngebakarin lempung di kasongan bikin celengan.. ^_^)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...