December 03, 2011

Menikmati KOPI JOSS (Kopi Arang) JOGJA

Saya (Admin Jogjaicon) adalah penggemar berat kopi. Boleh dibilang pecandu. Dan kopi favorit saya adalah Kopi Aceh. Namun demikian saya tidak ragu untuk mencicipi berbagai jenis kopi lainnya, sekedar menambah perbendaharaan rasa tentang kopi, hehehehe.


Salah satu kopi yang berkesan buat saya, berasal dari Yogyakarta. Namanya KOPI JOSS atau KOPI ARENG (Arang). Sekitar tahun 2008, dalam acara malam reuni kecil kecilan di Yogyakarta, teman saya yang berasal Magelang bertindak sebagai ‘bandar’. Dia mengajak kami tongkrongan di sebuah warung angkringan (plus lesehan) di daerah Gowongan (Sebelah utara stasiun Tugu). Warung Angkringan bernama Warung Lek Man ini sudah cukup tenar dikalangan masyarakat kota Yogyakarta. Terutama karena menyajikan KOPI JOSS atau Kopi Areng.

Sebagai penggemar kopi mulanya saya penasaran. Apa sih yang dimaksud dengan Kopi Joss. Rupanya Kopi Joss, sekilas seperti kopi tubruk biasa tapi yang luarbiasa adalah karena pakai batangan arang. Arang yang masih membara di cemplungkan kedalam kopi hingga berbunyi "Josss" (makanya disebut kopi jos), sehingga kopinya jadi semakin hitam.

Pertama kali mencoba memang sedikit ragu, takut ada serpihan arang yang terminum, tapi setelah tegukan pertama, ada sensasi rasa tersendiri yang sulit dijelaskan dengan kata-kata. Dan memang jadi berbeda cita rasanya dengan rasa kopi tubruk biasa, kopi tubruk biasanya masih banyak serbuk tapi gara-gara pakai arang ini semua serbuk jadi lebur menjadi satu, sehingga kopi menjadi lebih nikmat (atau padat.. bahasa saya lho).

Arang sendiri memiliki berbagai macam manfaat, menurut sumber artikel yang saya cuplik ini. Arang yang dipanaskan pada suhu diatas 250° Celcius akan menjadi karbon aktif yang berguna mengikat polutan dan racun.Karbon teraktivasi ini berguna untuk mengurangi ampas kopi, memperbaiki aroma, dan mengikat racun (belum ada penelitian resmi). Selain itu ada khasiat lain yaitu :

1. Mengobati masuk angin
2. Mengobati sakit perut
3. Mengobati keracunan
4. Bikin tambah melek
5. Tambah stamina

Ini mengingatkan Jogjaicon pada obat diare atau penawar racun bernama Norit.

Demikianlah sekilas tentang kopi arang, bagi anda yang mengaku penggemar kopi jangan sampai melewatkan mencicipi Kopi Joss bila anda kebetulan berada di Yogyakarta..


Image & sebagian artikel dari: Waroenk Kemanx


Postingan sejenis:

KOPI ACEH YANG FENOMENAL

MANFAAT MINUM KOPI

SEJARAH KOPI (SEBAGAI MINUMAN POPULER DUNIA)

PRO & KONTRA MINUM KOPI SAMBIL MEROKOK

KOPI ACEH, PRIMADONA DI U.S.A.

ANGKRINGAN (ICON JOGJA)

MUSANG LUWAK (SAHABAT PETANI KOPI)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...