May 20, 2011

AA YKPN Yogyakarta (Leading in Accounting Education)

"In the journey, AA YKPN able to put itself in the forefront of private higher education institutions in the field of accounting. Various important step taken by the AA YKPN in the initial development process"

AA YKPN
(Akademi Akuntansi YKPN) didirikan di Yogyakarta pada tanggal 22 Maret 1970. Pada tahun pertama berdiri, jumlah mahasiswa yang terdaftar di AA YKPN sebanyak 81 orang. AA YKPN memperoleh status terdaftar dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Cq. Direktur Pendidikan Tinggi No. 217/DPT/B/1970 pada tanggal 30 Oktober 1970. Pada tahun 1970 pula AA YKPN menerima kesediaan Sri Sultan Hamengku Buwono IX (saat itu menjabat sebagai Wakil Presiden RI) untuk duduk sebagai Ketua Dewan Penyantun.



Sampai dengan tahun 1973 AA YKPN menggunakan Balai RK Surokarsan sebagai tempat untuk kegiatan belajar mengajar. Atas ijin Sri Sultan Hamengku Buwono IX, sejak tahun 1974 hingga sekarang Kampus Balapan di Jl. Gagak Rimang dipergunakan sebagai tempat kuliah. Tahun 1981 AA YKPN memperoleh status Diakui berdasarkan SK No. 028/O/1981, dan pada tahun 1991, AA YKPN mendapatkan status Disamakan berdasarkan SK No. 0191/O/1991 tanggal 11 April 1991.

Dalam perjalanannya, AA YKPN mampu menempatkan dirinya di jajaran terdepan lembaga pendidikan tinggi swasta di bidang akuntansi. Berbagai langkah penting yang ditempuh oleh AA YKPN dalam proses perkembangan awalnya antara lain :

-Menjadi pemrakarsa Musyawarah Antar Perguruan Tinggi Akuntansi Swasta se-Indonesia pada tahun 1978.

-Memelopori penggantian matakuliah akuntansi peninggalan Belanda ke matakuliah yang berorientasi ke Amerika Serikat.

-Memelopori penerapan sistem kredit semester pada pertengahan tahun 1978.


AA YKPN merupakan salah satu perguruan tinggi yang menerbitkan buku-buku bahan praktikum akuntansi yang dapat diandalkan. Buku-buku tersebut disusun oleh staf pengajar AA YKPN dan diterbitkan oleh Pusat Penerbitan AA YKPN. Selain dipergunakan di AA YKPN, buku-buku bahan praktikum akuntansi tersebut juga dipergunakan secara luas oleh berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia dalam kegiatan belajar mengajarnya.


Visi, Misi, dan Tujuan Pendidikan

Di dalam merancang dan melaksanakan berbagai kegiatan, Akademi Akuntansi YKPN selalu menggunakan visi, misi, dan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan sebagai acuan agar hasil yang diperoleh sesuai dengan keinginan dan cita-cita yang ditetapkan oleh lembaga.

Visi

Menjadi suatu lembaga pendidikan terkemuka di Indonesia, termashur karena lulusannya bermutu tinggi, terkenal karena memiliki komitmen yang tinggi terhadap integritas lembaga pendidikan sebagai wahana pencerdasan bangsa, khususnya di bidang akuntansi.

Misi

Menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang akuntansi yang mampu memberi bekal pengetahuan teori dan praktik kepada para lulusannya, serta mampu beradaptasi terhadap perubahan/perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.





Tujuan Pendidikan

Mendidik calon-calon profesional di bidang akuntansi agar memiliki kompentensi tinggi sebagai tenaga ahli madya akuntansi.
Menciptakan suasana yang kondusif bagi terselenggaranya proses belajar mengajar untuk menghasilkan lulusan yang terampil beradaptasi dengan tuntutan profsi serta terampil dalam mengembangkan potensi diri

Sasaran

Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan tinggi di bidang akuntansi, pengauditan dan perpajakan, yang didukung oleh kemampuan yang memadai di bidang keuangan, manajemen, keterampilan interpersonal, bahasa Inggris serta komputer dan teknologi informasi (IT).



Postingan didedikasikan untuk almamater tercinta AA YKPN (when the all begin)
Source: AA YKPN Yogyakarta


***
Suka Artikel/Postingan ini? Klik Sponsor dibawah untuk mendukung eksistensi Blog

2 comments:

edi said...

wah wah artikel bagus gan, semua tentang jogja pokoknya, mantab mantab
gan bisa untuk bertukar link??

jamu said...

AA YKPN jogja...dulu ku juga sempet mo masuk sini gan...jogja memang menggoda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...