August 09, 2011

IKAN ALIGATOR atau IKAN BUAYA (Si Tampang Seram yang Sexy)

Setelah beberapa waktu Saya (admin Jogjaicon.Red), mulai bosan memelihara ikan Molly dan Guppy aneka warna dan sudah beranak pinak. Sampai suatu siang sekitar akhir Juli 2011 saya sengaja berkunjung ke "Merak Jingga", sebuah Petshop dikawasan Seutui Kota Banda Aceh. Niatnya waktu itu ingin mencari ikan Arwana, tapi waktu disalah satu akuarium melihat ikan yang agak unik. Saya langsung kesengsem dan membeli sebanyak dua ekor. Uniknya ikan ini punya kontur yang mirip seekor buaya, mengapung tenang dalam akuarium namun bergerak sangat cepat dan gesit sewaktu hendak ditanggok (dijaring.Red). Penjualnya menjelaskan bahwa ikan sepanjang sekitar 15 Cm itu disebut ikan Aligator. Mendengar Aligator saya langsung teringat dengan jenis buaya yang banyak hidup di Florida State, Amrik. Dengan penasaran sesampainya dirumah ikan tersebut saya lepaskan dalam kolam kecil biotik dihalaman rumah. Kemudian saya cari sekilas info tentang ikan ini melalui Mbah Google.



Ikan aligator ini rupanya bisa mencapai panjang sampai 3 Meter!! Sebagian besar penghobi ikan ini memeliharanya dalam akuarium. Menurut saya memang ikan ini enak dilihat, baik gerakannya sewaktu menangkap pakan hidup maupun corak tubuhnya yang bervariasi. Beberapa anak/burayak ikan Molly dan Guppy saya akhirnya menjadi pakan alami ikan Aligator ini.



Ikan Aligator tidak sama dengan buaya atau aligator di. Disebut Ikan Aligator karena bentuknya mirip buaya. Di daerah asalnya Ikan Aligator yang pada sistematika dimasukkan ke dalam keluarga Lepisosteussidae ini di kenal sebagai gar fish. Ia hidup liar di benua Amerika di perairan Sungai Mississippi hingga Rio Grande Del Norte yang bermuara ke Teluk Meksiko. Diketahui ada 6 spesies gar fish yang ditemukan di alam, diantaranya Spotted gar (Lepisosteus oculatus) yang tubuhnya bertotol-totol hitam, Longnose gar yang moncongnya sangat panjang, dan alligator gar yang panjang tubuhnya bisa mencapai 300cm.

Karena variasi bentuk dan corak warna yang berbeda-beda itulah ikan ini banyak dikoleksi sebagai ikan hias peliharaan di dalam akuarium kecil. Di habitat aslinya ikan aligator lebih banyak berdiam diri di dasar sungai yang berair dangkal atau di sela-sela tumbuhan rawa. Oleh karenanya Saya membuat situasi kolam seperti paya atau rawa, supaya alamiah.



Saat terindah mengamati Ikan Aligator adalah saat menyaksikan dia memangsa buruannya, dikolam saya mangsa ikan Aligator tentunya adalah anak-anak ikan Molly dan Guppy yg jumlahnya ratusan. Ikan Aligator yang dalam kondisi biasa mempunyai gerakan lamban seperti ikan malas akan berubah gesit kala memangsa ikan hidup yang telah ditarget sebagai mangsanya, sebagaimana seekor buaya atau Aligator memangsa buruannya. Dalam secepat kilat ikan umpan yang semula merasa aman hilir mudik di hadapan si buaya tiba-tiba sudah berada di moncong panjangnya. Pakan disukai Ikan Aligator memang berupa ikan-ikan kecil hidup, namun ada kalanya saya berikan juga cacing beku atau pelet.


****

2 comments:

cempaka betta said...

mau tanya nich bos,ikan aligator ini jenisnya apa aja,cara perawatanya gimana?
terimakasih

wisnu cahya said...

kalau jogja belinya dimana dan harganya berapaan ?