Follow us on:

10 BADAN INTELIJEN TERBAIK DI DUNIA





Badan Intelijen merupakan instrument yang efektif dari kekuatan negara dan nasional.


Tujuan utama dari badan intelijen negara umumnya adalah untuk melindungi kepentingan negara/nasional di bidang politik, ekonomi, dan keamanan terhadap ancaman dari dalam maupun luar negeri. Berikut badan-badan intelijen terbaik dunia sesuai dengan peringkatnya: 

1. ISI – Pakistan 

Dengan catatan keberhasilannya, ISI (The Inter-Services Intelligence) adalah intelijen terbaik di dunia. Keberhasilannya dalam mencapai tujuan tanpa melakukan invasi secara penuh dari Pakistan oleh Soviet merupakan prestasi yang tak tertandingi oleh badan intelijen dari negara-negara lain sampai saat ini. 

2. Mossad – Israel 

Operasi Utamanya adalah mengawasi bangsa-bangsa dan organisasi Arab di seluruh dunia. Sepanjang 1970-an, mossad membunuh pejuang PLO yang terlibat peristiwa September Hitam yang menewaskan sejumlah atlet Israel pada Olimpiade di Munich, Jerman. Mossad dianggap salah satu badan intelijen yang paling sukses di dunia. Namun ia pernah pula beberapa kali melakukan kesalahan-kesalahan besar. Antara lain mereka pernah membunuh orang secara tidak sengaja, yaitu salah seorang aktivis Palestina. 

3. M1-6 – United Kingdom/Inggris

Dikenal juga dengan Dinas Intelijen Rahasia (Secret Intelligence Service, SIS), adalah badan intelijen eksternal Britania Raya. Prestasi para agen MI6 ini terbilang cemerlang. Sejumlah operasi intelijen kontra Jerman dan Rusia sukses dijalankan pada Perang Dunia 1 dan 2. Terutama pada PD 1, saat MI6 dipimpin spymaster Mansfield Smith Cumming. Berulangkali mereka berhasil mengalahkan Jerman. 

4. CIA – Amerika  Serikat
Pada era Perang dingin dengan Uni Soviet, tugas-tugas CIA lebih banyak diarahkan pada kontra-intelijen. Kini, CIA juga mulai menangani peredaran narkotika, perdagangan senjata gelap, dan yang paling hangat ialah kontra-teroris, terutama setelah serangan 9/11 WTC.

5. MSS – Cina MSS (Ministry of State Security)/lembaga keamanan Republik Rakyat Cina. 

MSS bertugas sebagai badan intelijen untuk masalah keamanan diluar maupun didalam negeri. Badan intelijen ini pun mempunyai otoritas yang sama untuk menangkap atau menahan orang sebagai polisi reguler. Salah satu misi utama dari MSS adalah memastikan keamanan negara melalui tindakan efektif melawan agen musuh, mata-mata, dan komtra-revolusioner kegiatan yang dirancang untuk sabotase atau menggulingkan system sosialis Cina. 

6. BND – Jerman Bundesnachrichtendienst/badan intelijen asing pemerintah Jerman, 

dibawah kendali Kantor Kanselir. BND bertindak sebagai system peringatan dini untuk memperingatkan pemerintah Jerman terhadap ancaman kepentingan negara dari luar negeri. Badan intelijen ini bertugas mengumpulkan dan mengevaluasi informasi pada berbagai bidang, seperti terorisme internasional, proliferasi WMD dan transfer ilegal, kejahatan terorganisir, perdagangan senjata dan narkoba, pencucian uang, serta migrasi ilegal. 

7. FSB – Rusia Dinas Keamanan Federal Federasi Rusia (FSB) 

adalah badan keamanan domestic utama dari Federasi Rusia dan penerus dari era Soviet Cheka, NKVD dan KGB. FSB terlibat dalam kontra-intelijen, keamanan internal dan perbatasan, kontra-terorisme, dan pengawasan. Kantor pusatnya berada di Lubyanka Square, pusat kota Moskow, lokasi yang samasebagai bekas markas KGB. 8. DGSE – Perancis Directorate General for External Security adalah badan intelijen eksternal Prancis. DGSE memiliki sejarah yang agak pendek dibandingkan dengan badan intelijen lain. Focus utamanya adalah untuk mengumpulkan intelijen dari sumber-sumber asing untuk membantu dalam strategi militer. 

9. RAW – India Research and Analysis Wing 

Dibentuk setelah Republik India yang baru  dihadapkan dengan 2 perang berturut-turut, perang Sino-India tahun 1962 dan perang India-Pakistan tahun 1965. Fungsi utamanya adalah pengumpulan intelijen eksternal, kontra-terorisme dan operasi-operasi rahasia. Selain itu ia bertanggung jawab untuk memperoleh dan menganalisis informasi tentang pemerintah asing, korporasi, dan orang-orang, dalam rangka untuk memberi masukan pembuat kebijakan luar negri India 

10. ASIS – Australia Australian Secret Intelligence Services (Dinas Intelijen Rahasia Australia)

bertanggung jawab untuk mengumpulkan intelijen asing, melakukan kegiatan kontra-intelijen dan kerjasama dengan badan-badan intelijen lain di luar negeri. Tujuan utamanya, seperti kebanyakan lembaga lain, adalah untuk melindungi kepentingan politik dan ekonomi negara serta menjaga kestabilan keamanan rakyat Australia terhadap ancaman nasional. 

Diterjemahkan secara bebas dari berbagai sumber di Google 



Suka Artikel/Postingan ini? Klik Sponsor dibawah untuk mendukung eksistensi Blog