August 24, 2012

SELAMATKAN RAWA TRIPA SEKARANG JUGA!

Kawasan Hutan Rawa Gambut Tripa di Kabupaten Nagan Raya, Aceh Indonesia, yang pernah menjadi kawasan dengan keanekaragaman hayati terkaya di Sumatera, kini diambang kemusnahan.

Menurut data Tim Koalisi Penyelamat Rawa Tripa (TKPRT), akibat pembukaan lahan yang dilakukan secara liar, pada Maret 2012 telah ditemukan 90 titik api (hot spot) kebakaran hutan yang membuat Rawa Tripa kehilangan 800 hektare lahan. Sebuah kabar buruk, mengingat kawasan hutan gambut Rawa Tripa masuk dalam KEL (Kawasan Ekosistem Leuser) yang menurut hukum Republik Indonesia seharusnya dilindungi dan dilestarikan.


Pada saat bersamaan, Sumatran Orangutan Conservation Program (SOCP) merilis, terdapat 6.600 jumlah orangutan di Sumatera dan 200 lebih populasi orangutan di antaranya hidup di kawasan Rawa Tripa. Akibat pembakaran hutan untuk pembukaan lahan, hampir setengah habitat orangutan mati. 

Berbagai populasi hewan lainnya seperti Beruang Madu, Harimau Sumatera, Buaya Muara, Burung Rangkok, dan berbagai jenis satwa lainnya juga terancam punah. 

Kawasan vegatasi Rawa Tripa yang belum dijamah para pengusaha hanya tersisa sekitar 11.0000 hektare dari 62.000 hektare lebih areal gambut. Parahnya komoditi sawit yang menjadi pilihan juga akan berdampak pada kerusakan lingkungan. 

Tanaman sawit akan menyerap sumber air yang besar, sehingga akan melahirkan masalah baru seperti berkurangnya debit air sungai, pencemaran lingkungan, terancamnya populasi habitat sekitar sungai, dan tentunnya jangka panjang akan berpengaruh besar terhadap kelangsungan hidup manusia. 

Fenomena tersebut juga membawa kabar buruk, mengingat kawasan hutan gambut merupakan salah satu jenis hutan penyumbang karbon dan emisi yang cukup besar, sehingga mampu memberikan solusi terhadap pemanasan global (global warming) yang menjadi isu dunia. 

Sobat JOGJAICON juga peduli pada pelestarian lingkungan hidup? Silahkan tulis opini/persepsi sobat pada kolom komentar dibawah artikel ini, semoga dapat menggugah, membangun dan dapat menjadi solusi bagi kita semua, khususnya Pemerintah Propinsi Aceh. 

Selamatkan Rawa Tripa, selamatkan keanekaragaman hayati Indonesia sekarang juga!

Lup Jogja n U

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...