November 15, 2012

SATE GAJIH (Sate Rakyat Populer dari Yogyakarta)

SATE GAJIH sesuai namanya memang menggunakan bahan dari Gajih atau Lemak. Biasanya Gajih Sapi. Kuliner Rakyat ini sudah sangat populer di Jogja. Biasanya dijual pada saat ada momentum istimewa seperti Pasar Malam, Sekaten, Gerebeg atau pesta Rakyat. 


Namun demikian ada juga penjual yang selalu sedia menjajakannya, penjual Sate Gajih dapat ditemui di sekitar Regol (Gerbang) utama sebelah barat Pasar Gede (Sargede) Beringhardjo, Yogyakarta. Atau seperti pada image diatas, Sobat saya, Kisanak Rumput Ilalang mendapatkannya di areal Pakualaman. 

Karena bersal dari bahan gajih atau lemak, maka sate ini enaknya dimakan saat panas agar tidak ngendhal (beku), dengan bumbu kacang dan kecap manis yang menambah harum memikat menggoda selera. Harganya pun sudah pasti terjangkau. Kepingin??? Monggo ke Jogja... hehehehe 

Sumber Image: Kisanak Rumput Ilalang Koleksi

******
Suka Artikel/Postingan ini? Klik Sponsor dibawah untuk mendukung eksistensi Blog

1 comment:

Yuni Sulistyaningrum said...

saya teringat dulu kakak saya pulang sekolah (di SMA 7 Pugeran, barat pasar Nggadhing)bercerita sama orang2 di rumah kalo depan sekolahnya ada yg jual sate gajah. Kita smua heran dan nggak percaya. Karena kakak saya nggak terima dianggap bohong, kita smua menuju ke TKP. Eh ternyata dia cuman salah baca karena ternyata tulisannya jual sate gajih!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...