September 12, 2012

TAHU GORENG ACEH (Target "Wajib" Pemburu Wisata Kuliner)


Banyak kuliner khas Aceh yang bisa menjadi target para penikmat wisata kuliner di seputaran Kota Banda Aceh, sebut saja Mie Aceh, Martabak Telur Dadar, Sate Matang, Sop Sumsum Langsa, Soto Aceh dan.. yang ga kalah terkenal adalah TAHU GORENG ACEH. 


TAHU GORENG ACEH merupakan santapan yang dihidangkan bercampur dalam satu piring/porsi yang berisi tahu goreng, kentang rebus, tauge, daun selada, dan kerupuk, disiram saus kacang, kecap manis, dan asam cuka. Adukan yang segar timbul karena adanya sedikit penggunaan asam cuka. Harga seporsinya sampai tahun 2012 ini cukup terjangkau, sekitar Rp. 8500. 

Bagi sobat JOGJAICON yang sudah pernah menyantap Kupat Tahu khas Magelang Jawa Tengah (Yang tenar Pak Pangat atau Kupat Blabak), terdapat banyak kemiripannya antara Tahu Goreng Aceh dan Kupat tahu Magelang. Perbedaannya adalah Tahu Goreng Aceh disiram bumbu kacang seperti gado-gado dan sepertinya ga menggunakan gula merah sebagai bahan kuahya. Perbedaan mendasar yaitu jika Kupat Tahu Magelang menggunakan ketupat sebagai sarana 'pengenyang', maka Tahu Goreng Aceh menggunakan Lontong beras, itupun di masukkan apa bila dipesan oleh pembeli. 

Ada beberapa tempat penjual kuliner Tahu Goreng Aceh yang JOGJAICON rekom pada sobat-sobat kalau kebetulan berada di Banda Aceh, yaitu di: 

 1. Tahu Goreng Aceh Pagar Air, di desa pagar air Jalan Negara Banda Aceh Medan Km 7 kearah simpang Lambaro 

2. Tahu Goreng Bang Gam di simpang empat Keutapang Dua 

3. Tahu Goreng Counter di Warkop Tofik SMEA Lampineung Jln. Tgk Nyak Makam. Ayo makan-makan..... 


 ***********
Suka Artikel/Postingan ini? Klik Sponsor dibawah untuk mendukung eksistensi Blog

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...