October 29, 2012

GUDEG JOGJA ( Icon Kuliner Tradisional Daerah Yogyakarta )GG

Gudeg merupakan ikon kuliner khas yogyakarta yaitu masakan berbahan baku nangka muda yang dimasak sedemikian rupa hingga menghasilkan rasa manis dengan lauk pendamping mulai dari tempe, tahu, telur dan daging ayam. Penjual Gudeg hampir ada disetiap sudut kota, namun tentu saja rasa serta kualitas akan berbeda beda dari satu penjual dengan penjual lain. 

Paket Gudeg Komplit dalam Kendhil

Daerah yang menjadi sentra gudeg menurut amatan JOGJAICON adalah daerah Barek (Jln. Kaliurang utara selokan mataram/kampus UGM dan di Jalan Wijilan (dekat plengkung wijilan dan alun-alun utara kota Yogyakarta, salah satu penjual gudeg wijilan yang terkenal adalah Gudeg Yu Djum.. langganan JOGJAICON kalo mudik heheheh) 

Gudeg Yu Djum di Jalan Wijilan 31 Kec. Kraton Kota Yogyakarta

Menu standart Gudeg adalah berupa Gudeg, areh (santan kental) dan krecek, bisa juga ditambah lauk berupa tahu, tempe, telur yang dimasak pindang dan daging ayam per bagian bisa paha, dada,kepala atau bagian yang lainnya yang dimasak opor. Selain untuk di konsumsi ditempat , gudeg bisa juga dibawa pulang sebagai oleh oleh. 

Untuk oleh oleh ini dinamakan gudeg kendhil, artinya menu yang sama namun untuk kemudahan membawa diberikan wadah atau tempat berupa kendhil (panci dari tanah liat/lempoong). Gudeg kendhil ini bisa bertahan sampai 2 hari karena gudeg untuk oleh oleh ini merupakan gudeg kering. 

Dibanding gudeg basah yang sering dinikmati memang sedikit agak berbeda cara memasaknya, yakni pada perebusannya hingga benar benar kering, tanpa sisa kuah dan warnanya akan lebih tua cenderung kehitaman namun rasa tidak berbeda. 

************************

Support by THE BEST INDONESIAN SOCIAL TRAFFIC EXCHANGE PROGRAM Social Traffic Exchange Indonesia
Suka Postingan ini? Klik Sponsor dibawah untuk mendukung eksistensi Blog

1 comment:

ASKING AIDEN said...

Mari Lestarikan Kuliner Tradisional Jogja !!! http://jajanjogja.com/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...