October 16, 2012

MANFAAT "LUAR BIASA" DARI HOBI REPLIKA, MODEL KIT (MOKIT) DAN DIORAMA

Sebelum masuk pembahasan, ada bagusnya JOGJAICON jelaskan dulu tentang obyek dari hobi ini:

Unit Replika berbentuk Kendaraan dan Human Figure Skala 1:32 (BRIMOD Koleksi)

REPLIKA: adalah bentuk figur bisa berupa manusia, kendaraan, binatang, bangunan senjata dan lain-lain dengan bentuk yang menyerupai aslinya, bisa lebih besar atau lebih kecil. Umumnya para penghobi Replika menyukai yang lebih kecil dari aslinya (kalo lebih besar, biasanya untuk monumen... kaya patung pak tani, kan gede banget klo ditaro dilemari hahahaha), ukuran perbandingan(skala) yang lazim adalah 1:72, 1:43, 1:35, 1:32, 1:16, 1:1 dan ga menutup ada skala-skala lain. Masing-masing Hobiest (penghobi) replika punya jenis replika kegemaran masing-masing, adan yang demen sama bentuk manusia (action figure), mobil, kereta api, senjata, hewan atau bangunan. Cara mendapatkannya pun bermacam, ada yang membeli atau membuat sendiri.

Model Kit ( MOKIT ) berbentuk Human Figure Skala 1:35 (BRIMOD Koleksi)

MODEL KIT ( MOKIT ): Kurang lebih definisinya hampir sama dengan replika, perbedaannya adalah kalau MOKIT harus dirangkai terlebih dahulu kemudian diberi warna (dicat/dikelir) baru bisa dinikmati sesuai tujuannya. Bentuk MOKIT yang pernah sangat populer adalah Mobil Balap Kecil produksi TAMIYA, tentu sobat JOGJAICON masih ingat bagaimana di era pertengahan tahun 90-an, Mobil balap Tamiya seperti jamur dimusim hujan. Merebak di berbagai kalangan. Biasanya dulu Balap Mobil TAMIYA dimainkan di sirkuit buatan. Menyusun MOKIT memiliki sensasi tersendiri, dengan tingkat difficulty perangkaian yang berbeda-beda memberikan kepuasan batin pada Hobist apabila unit berhasil/kelar dirangkai dengan baik.

Diorama Skala 1:32 tentang "Patroli Pasukan NATO di Afghanistan 2007"

DIORAMA: adalah bentuk lanjutan (advance) dari Replika, karena dalam diorama biasanya terdiri dari berbagai jenis unit/figur replika yang disusun sedemikian rupa untuk menggambarkan suatu kisah atau peristiwa. Diorama lazim berada di museum, tapi untuk para penghobi, diorama merupakan kelengkapan residensial layaknya aquarium, lampu gantung atau koleksi barang antik lainnya. Cara medapatkan diorama bagi para Hobiest pun beragam, ada yang beli jadi ada juga yang membuat sendiri. 

MANFAAT HOBI REPLIKA, MODEL KIT ( MOKIT ) DAN DIORAMA Sementara sebagian orang awam (atau dongo... hehehe) menertawakan atau bahkan melecehkan para penghobi jenis ini yang dianggap kekanakan atau masa kecil kurang bahagia, ternyata hobi ini memiliki manfaat luar biasa dari berbagai aspek, sebagai berikut: 

1. MEMELIHARA DAN MENINGKATKAN KESEHATAN SERTA KETAHANAN MENTAL (PSIKIS), berkutat menyusun replika dengan ornamen yang renik/mungil rupanya tanpa disadari memberikan maintenance psikologi yang berbuah pada ketahanan mental. Orang yang hobijenis ini umumnya tidak bermasalah dengan perubahan (baik evolutif maupun revolutif), tahan menderita/tabah, supel, tidak emosional dan romantis (hehehehehe), sumber info ini JOGJAICON dapatkan dari seorang Kisanak yang bertugas di Dinas Psikologi TNI AD. 

2. SARANA REKREASI DAN PELEPASAN EMOSI YANG POSITIF, ada sensasi berupa kepuasan dan kenikmatan tersendiri bagi penghobi saat selesai merangkai atau mengecat obyek-obyek Mokit dan Diorama. Dan seperti juga melukis atau menyanyi, Hobi ini juga dapat dijadikan wadah pelampiasan energi dari kondisi emosional yang negatif, sehingga dapat diarahkan pada hal positif dan produktif. 

3. KEUNTUNGAN EKONOMI, bagi para penghobi yang juga profesional menekuni maka Replika, Mokit dan Diorama menjadi ladang Uang. Apalagi konsumen dari produk replika biasanya adalah juga para penghobi atau Kolektor yang mengabaikan masalah harga tetapi mengutamakan aspek NILAI. 

 4. PENYAYANG & DISAYANG ANAK, bagi penghobi jenis ini biasanya memilik kedekatan emosional dengan anak-anak, terutama anak kandung sendiri (maaf, bagi yang sudah punya tentunya), bahasa gampangnya adalah, "Enak eeeeh, BOKAP gw hobinya juga sama ma GW: Maen MOBIL-MOBILAN!",.... hahahahahahah Semoga bermanfaat. 

Sebagian Gambar berasal dari : BRIMOD HOBI REPLIKA

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...