February 03, 2013

WINNETOU, OLD SHATTERHAND & DR. KARL MAY (Legenda yang menginspirasi)

Banyak tokoh-tokoh besar yang terinspirasi dan termotivasi oleh seseorang atau suatu kisah sehingga memicu mereka menjadi orang-orang yang terkenal dan berhasil. Adalah Dr. Karl May seorang penulis kisah-kisah petualangan yang bersal dari Dresden, Jerman. Karya-karya Dr. Karl May sangat digandrungi oleh Albert Einstein, Adolf Hitler, Hermann Hasse, Muhammad Hatta dan Sutan Syahrir Syahrir (Jogjaicon juga penggemar berat karya Dr.Karl May lho.. haha). 

Tokoh Winnetou dan Old Shatterhand
Karya Dr. Karl May yang paling terkenal adalah kisah tentang petualangan di daerah barat Amerika yang liar (Wild West) pasca perang saudara dengan tokoh utamanya Winnetou dan Old Shatterhand. Dikisahkan Old Shaterhand adalah seorang petualang berkulit putih yang jago berkelahi dan menembak, menjadi saudara denganWinnetou, seorang Ketua suku (Chief) Apache Mescalero. 

Buku buku karya Dr. Karl May yang pernah terbit di Indonesia

Kisah kehidupan berikut petualangan keduanya sangat mewarnai kehidupan para pemuda di dunia pada masa itu. Persahabatan antara seorang suku Indian yang berkulit merah dan orang Eropa yang berkulit putih menjadi alur utama cerita tersebut. Cerita yang penuh petualangan, penghargaan terhadap perbedaan, keteladanan, kesetiaan, nilai kemanusiaan sedikit banyak menyuburkan rasa toleransi dan nasionalisme yang berkobar di jiwa pemuda-pemuda diberbagai belahan dunia. 

3 pucuk senapan peninggalan Dr. Karl May

Banyak orang mengira bahkan meyakini bahwa Old Shaterhand atau Kara Ben Nemsi (tokoh kisah petualangan karya Dr. Karl May yang berseting di Afrika dan Timur Tengah) sebenarnya adalah karakter dan figure dari Dr. Karl May sendiri. Peninggalan abadi Dr, Karl May selain karya-karyanya yang masyhur serta melegenda adalah 3 pucuk senapan yaitu Senapan Perak, Senapan Pembunuh Beruang, dan Senapan Henry yang tersimpan di Museum Karl May, Radebeul (Dresden, Jerman). 

Sumber Images: JOGJA ICON KOLPRI 

**************
BLOG INI DISPONSORI OLEH: Social Traffic Exchange Indonesia
Raise up Audience from U’re FACEBOOK to Support U’re Online Businnes Killer Viral FanPage Indonesia

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...