June 16, 2013

BATU TERMANU ( Obyek Wisata Pulau Rote NTT - Indonesia )

BATU TERMANU adalah obyek wisata Pulau Rote-NTT yang terletak di desa Feapopi, Kecamatan Rote Tengah berupa panorama guratan-uuratan alam akibat abrasi gelombang laut yang terlihat jelas pada bagian tepian curam pada Batu Termanu ini makin memperindah panorama Batu Termanu ini. Terdapat 2 buah Batu Termanu, yaitu Batu Hun dan Batu Suelay, perairan yang berada di sekitar kawasan batu Termanu ini, sering dijadikan sebagai tempat penyelaman. Hal ini dikarenakan terumbu karangnya yang memiliki banyak variasi selain daya tarik wisata yang dimiliki batu Termanu ini, kawasan di sekitar Batu Termanu ini juga menjadi tempat berkembang biaknya populasi ikan karapu.

Batu Termanu, Pulau Rote NTT Indonesia

Pengembangannya sebagai potensi bisnis mungkin menjadi daya tarik lain, selain sebuah lokasi pemancingan yang memiliki banyak peminat, baik pemancing lokal, atau pendatang yang mungkin memiliki hobby memancing. 

Menurut legenda rakyat yang berkembang dikalangan masyarakat Rote Ndao, yang menceriterakan asal usul Batu Termanu ini.diyakini bahwa Batu Termanu adalah sebuah batu besar yang berasal dari Kepulauan Di Maluku, yang dapat berpindah-pindah lokasinya sampai suatu ketika batu ini tiba di Rote dan menetap ditempatnya sekarang. Keyakinan tentang riwayat Batu Termanu sebagai sesuatu yang sakral dan mengandung nilai magic tergambar dengan adanya ritual meminta hujan yang diadakan di sekitar kaki Batu Termanu. 

Image; Inda Khristin Dethan Pricoll 2013

Compare hotel prices and find the best deal - HotelsCombined.com

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...