January 25, 2011

KRATON DAN MASYARAKAT YOGYAKARTA

(Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat/image by yogyes.com)

Kraton sebagai pionir Jogja mempunyai pengaruh yang sangat penting bagi budaya masyarakat Jawa di Jogja. Masyarakat percaya bahwa Kraton merupakan referensi budaya mereka. Beberapa studi yang dilakukan pada tahun 1990 menunjukkan bahwa kesetiaan masyarakat kepada Kraton sangat tinggi. Pengaruh tersebut makin meluas semenjak Raja dapat menggabungkan kepemimpinan yang karismatik dengan kepemimpinan yang rasional dan modern.

(Alm. Sri Sultan HB-IX ketika menjabat sebagai Wapres-RI ke-2)

Salah seorang raja tersebut adalah Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Beliau adalah figur yang menonjol pada masa perjuangan saat mendirikan Republik Indonesia. Beliau menjadi wakil presiden kedua RI yang mendukung pendirian Perguruan Tinggi pertama di Indonesia yaitu: Perguruan Tinggi Gadjah Mada (sekarang UGM). Ia meminjamkan Siti Hinggil Lord an Pagelaran (salah satu bagian dari Kraton) sebagai Kampus UGM tahun 1945. Kisah Otobiografi beliau pernah dituangkan dalam buku berjudul. “Tahta untuk Rakyat”. Kisah yang menggambarkan sikap manunggal dan menyatunya beliau terhadap masyarakat Jogja yang dipimpinnya.


Hubungan erat antara masyarakat Jogja dan Kraton tampak nyata dalam kesenian, ritual, dan upacara adat mereka. Misalnya pada pernikahan tradisional, pengantin pria dan wanita boleh mengenakan pakaian keluarga kerajaan yang disebut ‘basahan’. Dahulu hanya keluarga kerajaan yang boleh memakai pakaian tersebut.

Sumber:http://www.jogja.com/tourism/info/

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...