January 21, 2011

Menikmati indahnya OEHALA WATERFALL di So'e NTT


Kota So'e adalah ibukota kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Propinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Kota kecil ini berjarak kurang lebih 100 Km timur laut dari kota Kupang (Ibu Kota Propinsi NTT), terletak di rute trans negara menuju Atambua atau perbatasan dengan negara Timor Leste, So'e juga terletak di daerah pegunungan sehingga iklim dan udaranya sejuk cenderung dingin (mengingatkan saya pada kota Takengon di Aceh Tengah dengan Danau dan gunung Laut tawarnya serta kabut sejuk di pagi hari ^_^ d)

Kota S0'e memiliki berbagai keindahan alam ciptaan Tuhan yang luar biasa, diantaranya adalah Air terjun Oehala di kecamatan Oelbubuk (sekitar 10 Km dari So'e).


Pemandangan alam di sekitar Air terjun Oehala sungguh luar biasa indah, yang bisa membius setiap pengunjung untuk berlama-lama menikmatinya. Air sungai yang dingin dan jernih mengalir bergemericik di sela-sela batu sungai semakin menambah kenikmatan para pecinta alam. Air terjun Oehala memiliki 7 (tujuh) tingkatan atau trap dari hulunya yang bersumber dari mata air pegunungan. Oehala sendiri berasal dari bahasa daerah setempat yang berarti "Air yang berbentuk seperti tempat tidur" (Oe=Air, Hala=Tempat tidur/peraduan)

Admin Jokjaicon pernah beberapa kali berkunjung ke Oehala sekitar tahun 1989-1990, waktu itu suasana di Oehala masih betul2 berupa kawasan hutan pegunungan, namun informasi terakhir dari rekan-rekan blogger maupun rekan-rekan masa SMU di Kupang, Oehala sekarang sudah berkembang menjadi Daerah Pariwisata yang tentunya dilengkapi berbagai akomodasi seperti tempat penginapan dan sarana hiburan lain.

Tidak ada salahnya apabila sempat berkunjung ke NTT menyempatkan diri ke Oehala, disamping berwisata kita juga dapat merenungkan diri tentang kebesaran berbagai ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa di dunia ini.

(Bosong jangan bilang tanah timor sonde bae,.. bae sonde bae itu semua beta punya, bae sonde bae FLOBAMORA lebe bae... @jokjaicon2011)

Sumber Gambar:http://www.kaskus.us/showthread.php?p=277209074

Sumber Gambar:http://aamatran.wordpress.com/so%E2%80%99e-ku-tts-ku-ntt-ku/

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...