June 03, 2013

ELANG HITAM ( BLACK EAGLE ) : LESTARIKAN!!!!!!

Nama umum: Elang Hitam ( Black Eagle )
Nama Latin: Ictinaetus malayensis (Temminck, 1822).
Nama Lain: Elang Jambul Hitam


Karakteristik

Berukuran besar 67-81 cm. Rentangan sayap yang panjang 164-178 cm. Berat tubuh antara jantan dan betina berbeda. Jantan sekitar 1 kg dan Betina 1,6 kg.
Dewasa: Tubuh besar berwarna hitam atau hitam kecoklatan; kepala menyempit; bulu primer panjang dan sayap lebar berbentuk dayung; ekor panjang menyempit. Sekitar mata dan depan mata putih bervariasi. Mata coklat tua.
Remaja: Bagian atas berwarna gelap seperti dewasa, dengan coretan melintang pada pantat; guratan tipis pada ekor; dengan kepala dan sisi kepala kuning gading. Bagian bawah tubuh, ”Bintik-bintik putih pada bagian luar bulu primer seringkali sedikit lebih besar dari dewasa. Terbang: Saat terbang normal terlihat kepakannya lambat dan dalam

Penyebaran

Di Dunia: (I. m. perniger) India Utara dan Selatan, Nepal dan Sri Lanka; Burma,(I. m. Malayensis) Cina Tengah dan Tenggara, Taiwan, melintasi Indochina dan Semenanjung Malaya, Sula hingga ke Kep. Sunda Besar, Sulawesi dan Maluku;
Di Indonesia: Nias, Sumatra, Belitung, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Buton, Banggai dan Kepulauan Sula , Halmahera, Ternate, Buru dan Seram.


Suara

Umumnya tenang dan bersuara bersahutan saat musim kawin ”kii-ki”, atau ”hi-lii-liiuw”, baik saat bertengger maupun terbang. Di saat terbang ’display’ lengkingannya melolong kip, kip, kip… atau kii, kii, kii…., dan nadanya terus melemah.

Habitat

Suka mengunjungi daerah terbuka seperti perkebunan. Menyukai hutan hijau sepanjang tahun, hutan gugur basah, hutan sekunder dan semak di perkotaan dekat kaki perbukitan atau gunung. Ditemukan pada ketinggian 300 m hingga 2.000 m. Bisa tinggal di daerah yang berbeda tipe.

Berbiak

Musim berbiak: di Jawa bulan April – Agustus.
Sarang: ”lebar 120 cm dan dalam 45-60 cm” tersusun dari dedaunan hijau, di puncak pepohonan yang besar, dan tersamar oleh tumbuhan pembelit. Juga sering ditemukan pada lereng yang curam.
Telur: 1 butir (umumnya 1-2 butir)

Pakan

Burung-burung mamalia kecil, kadal, katak serangga besar, umumnya lebih menyukai memakan jenis-jenis burung di sarang pepohonan tinggi, semak, padang rumput, bahkan di lubang-lubang gua.

Kebiasaan

Terbang melayang di atas kanopi hutan. Perilakunya secara umum ketika terbang sering melakukan undulating(terbang naik turun). Mengunjungi daerah terbuka seperti perkebunan teh, perkebunan masyarakat dan kadang terbang di atas perkampungan.

Status Perlindungan

Dilindungi Undang-Undang No.5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Hayati dan Ekosistemnya dan PP 7 dan 8 Tahun 1999. Appendix II CITES.


Sumber artikel dan gambar:http://raptorindonesia.org/elang-hitam/

( Postingan didedikasikan untuk BLACK EAGLE SHOOTING CLUB Banda Aceh ...with the Mascot Spirit!)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...