October 08, 2012

KERAJINAN PERAK KOTAGEDE YOGYAKARTA ( Surga Para Penikmat Souvenir Perak )

Sebagai buah tangan atau souvenir kota JOGJA, hasil kerajinan perak dari kotagede bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Daerah Kotagede di sebelah Tenggara Kota Jogja memang dari jaman dulu sangat terkenal sebagai sentra kerajinan perak, sehingga Kotagede sering juga kota perak. Di kotagede ini banyak sekali pengrajin perak disamping beberapa toko yang sudah besar sebut saja Tom silver ataupun HS silver dan lain sebaginya. Disinipun kita bisa langsung melihat pengerjaan kerajinan tersebut. Berbagai bentuk cinderamata dibuat di tempat ini dari mulai cincin, liontin, subang, barang barang souvenir berbagai bentuk. 


Banyaknya pengrajin perak di kotagede ini tidak terlepas karena dahulunya merupakan memenuhi kebutuhan perhiasan dan perlengkapan lainnya untuk Sultan, keluarga kerajaan serta kerjaan itu sendiri. Ketrampilan mereka didapat secara turun menurun karena keberadaan mereka dari dahulu memang menyandarkan kehidupannya kepada hasil kerajinan perak tersebut. 


Yang unik dan menarik untuk disimak di beberapa pengrajin perak tersebut yakni pengerjaannya murni hand made artinya dikerjakan semua secara manual. Sehingga kerajinan yang di hasilkan pun merupakan hasil seni yang tinggi, dengan kertrampilan tangan yang tinggi pada setiap tahapannya dari bahan lempengan perak yang ditempa kemudian dibentuk secara perlahan dan dikerjakan secara cermat dan teliti agar menghasilkan barang yang benar benar elok dan indah.


Sebagai produk hasil kerajinan, sovenir perak yang ditawarkan mungkin sedikit lebih mahal, Namun bagi pecinta perak hal tersebut menjadi sebanding jika melihat keindahan hasil karya para pengrajin di Kotagede ini. Secara disain kebanyakan memang sudah dibuat oleh toko ataupun pengrajin, namun jika anda menghendaki khusus tetap dilayani .



Untuk mendapatkan barang barang kerajinan perak tersebut sangat mudah dijumpai karena sudah banyak yang membuka toko disepanjang jalan didalam kotagede ini. Dan sarana angkutan umum pun sudah mendukung dan melewati beberapa lokasi penjualan kerajinan perak tersebut. 

*********
 
Suka Artikel/Foto/Gambar/Postingan ini? 
Klik Sponsor dibawah untuk mendukung eksistensi Blog ini

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...