February 18, 2011

Menikmati PANTAI LASIANA Kupang, NTT Indonesia

Pantai Lasiana merupakan pantai landai seluas 3,5 ha dan memiliki udara yang sejuk karena dikelilingi pohon kelapa dan lontar tua. Pantainya berpasir putih dan halus, lautnya biru, airnya jernih, dan ombaknya bergulung-gulung tenang. Pantai itu sangat landai, berpasir putih dengan warna-warni saat disinari matahari, atau indahnya matahari terbenam.


Lokasi Pantai Lasiana sangat dekat dan hanya dijangkaui 20 menit dari Kota Kupang. Para pengunjung dapat membawa makanan , tikar, dan alat mainan sendiri. Di pantai itu juga disediakan rumah makan, minuman, kelapa muda, dan air buah lontar.

Pantai Lasiana mulai dibuka untuk umum sekitar tahun 1970-an. Sejak Dinas Pariwisata NTT memoles dengan membangun berbagai fasilitas pada tahun 1986, Pantai Lasiana ramai dikunjungi turis asing. Sesuai rencana pengembangan Pemkot Kupang, Pantai Lasiana akan dijadikan Taman Budaya Flobamora, yakni sebutan yang mengacu pada keseluruhan suku bangsa di dekat Pantai Lasiana, antara lain, Flores, Sumba, Timor dan Alor.




Di pantai Lasiana ini banyak didapati lopo-lopo yang berderet. Lopo-lopo adalah sebutan lokal untuk pondok yang dibangun menyerupai payung dengan tiang dari batang pohon kelapa atau kayu dan beratapkan ijuk, pelepah kelapa atau lontar, dan alang-alang. Bisa juga beratapkan seng yang bagian luarnya dilapisi ijuk, pelepah kelapa atau lontar dan alang-alang.

Namun Keindahan pantai ini bukan karena fasilitas buatan, tetapi lebih karena karakter alamnya. Pantai Lasiana mempunyai topografi menarik, pada bagian barat terdapat perbukitan, sehingga keseluruhan kawasan ini mempunyai variasi unik, yaitu perpaduan antara perbukitan dan pantai.

Berbagai sumber antara lain:http://adenakmofa.blogspot.com/

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...