August 26, 2012

DOG TAG ("LIONTIN" SERDADU DI MEDAN TEMPUR)

DOG TAG, kalau hanya disebut demikian mungkin ada sebagian orang yang belum tahu, tapi kalau sudah melihat benda-nya, pasti hampir semua orang pernah melihatnya. DOG TAG adalah “liontin” yang biasanya di gunakan sebagai kalung bagi anggota Militer diberbagai Negara dunia. Umumnya berbentuk lempengan pipih. Dalam filem-filem perang ala Hollywood, DOG TAG menjadi bagian tak terpisahkan dari penampilan seorang anggota Militer. Demikian pula pada realitanya bagi beberapa Militer Negara dunia, contohnya Amerika Serikat.


DOG TAG aslinya berisi tentang identitas diri dari si pemakainya antara lain nama lengkap, Nomor Registrasi Personel , kesatuan, golongan darah dan agama. Namun, adakalanya isi dari DOG TAG ini berupa nomor jaminan sosial, nama keluarga, nama panggilan, tanggal lahir, golongan darah dan kesatuan di mana dia berasal.

DOG TAG Banyak ragamnya , tergantung dari kebijakan dari masing-masing kesatuan militer atau negara dimana militer tersebut berada. Namun pada intinya adalah DOG TAG ini memberikan suatu informasi yang cukup akurat tentang si pemakai seandainya suatu ketika serdadu tersebut tertembak atau terluka maka informasi tentang jati diri serdadu tersebut akan segera diketahui oleh paramedis seperti nama dan golongan darah sehingga akan memudahkan proses identifikasi si korban.


DOG TAG ini terdiri dari 2 buah lempeng stainless stell dan pada kasus-kasus peperangan tertentu yang terjadi sering kali si serdadu tersebut meninggal dan tidak bisa dievakuasi pada saat itu sehingga salah satu lempeng DOG TAG tersebut akan di bawa oleh anggota lain yang masih hidup dan satunya lagi di tinggalkan pada tubuh si korban sehingga pada masanya nanti ketika mayat si serdadu ini akan di evekuasi maka jati diri si korban akan tetap diketahui meskipun kondisinya sudah rusak bahkan sudah menjadi kerangka sekalipun.

Dalam perkembangannya DOG TAG ini mengalami perubahan-perubahan di sana-sini, baik dari segi bentuk ataupun jumlah. Awalnya, hal ini di mulai pada masa perang sipil di Amerika yang terjadi antara tahun 1861 - 1865. Sejumlah prajurit menuliskan nama dan alamatnya di bagian belakang mantel mereka dan sebagian lagi menggoreskannya di ikat pinggang mereka yang terbuat dari kulit.


Begitu banyak sejarah peperangan yang ada di dunia, dari perang dunia 1 dan 2, perang Vietnam dan lainnya telah membawa perubahan pada jumlah, isi dan bentuk dari DOG TAG. Dari yang semula berjumlah 1 keping logam menjadi 2, bentuknya yang semula bundar menjadi persegi panjang semi bulat dan isi dari DOG TAG tersebut juga sudah mengalami perubahan meskipun intinya sama yaitu memberikan informasi si pemilik DOG TAG tersebut.

Sekarang, tidak hanya para anggota militer saja yang mengenakan DOG TAG karena DOG TAG sudah menjadi aksesoris umum atau pelengkap dalam gaya berbusana (fashion) terutama bagi orang-orang yang menggemari nuansa militer (ARMY-Look)


Dicuplik sebagian dari sumber: Guruh78 Blog

Postingan menarik lainnya:

PERANG VIETNAM (SEJARAH PERANG BERLARUT YANG MEMATIKAN)
 
 
Suka Artikel/Postingan ini? Klik Sponsor dibawah untuk mendukung eksistensi Blog

2 comments:

Indra Masberto said...

Keren2. Baru ini nemuin blog yg sesama penyuka military khususnya US Army, etc.
Tapi kalo misal ada info di Indonesia yang bisa bikinin Military Dog Tag, adanya dimana ? Soalnya ini aku lg browsing2, adanya di US sana, shipping nya mahal :( Thank you sbelumnya & Semper Fi.

Jogjanese said...

coba kisanak search fb account: military corner ,... dan pm dgn sapto atau ayu...stau sy ada 2 model yg rede disitu, DT WW-II & DT Vietnam,.. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...